Kamis, 15 Februari 2018

Latihan Soal Simple Present Tense

Soal-soal dan pembahasannya

1.)Children always …….. their parents.   
a. are loving b. is loving c. love d. loves

Jawaban:c
Penjelasan:Children always love their parents memiliki arti “Anak-anak selalu menyanyangi orangtua mereka”. Mengapa jawabannya ‘love’? Karena untuk dapat menentukankata kerjayang tepat, ditentukan olehsubjeknya. Pada kalimat tersebut subjeknya adalahChildren. Dimana dalam kalimat simple present tense, jika subjek dimulai olehI,You, They, We,  maka akan diikuti olehverb(kata kerja) dasar, dalam artian tidak diikuti oleh imbuhan apapun. Children dimasukkan ke dalam kategori “They” karenaChildrenmerupakan kata benda berbentuk plural (lebih dari satu orang), maka dari itu diikuti oleh kata kerja “love”.

2.)The man always……… the truth.           
a. tells b. is telling c. telling d. are telling
Jawaban:a
Penjelasan:The man always tells the truth. Memiliki arti “Pria itu selalu mengatakan yang sebenarnya”. Mengapa jawabannya ‘tells’? Sama seperti penjelasan di atas. Namun pada kalimat ini. Subjek dari kalimat ini adalah ‘The man’. Jika subjek dimulai olehShe, HedanItmaka kata kerja (verb) ditambahkan akhiranes/s.The manmerupakan kata benda berbentuk singular yang berarti “he” dimana ‘he’ merupakan subjek ketiga tunggal yang mengharuskan kata kerja ditambahkan es/s. Maka kata kerja menjadi‘tells’.The students usually

3.)……… fifteen minutes before the class starts.     
  a. to come b. come c. come d. are coming
Jawaban:c
Penjelasan:The students usually come fifteen minutes before the class starts. Memiliki arti “Siswa biasanya datang lima belas menit sebelum kelas mulai”. The students merupakan kata benda jamak/pluralyang memiliki peran sebagai subjek yang diikuti oleh kata kerja (verb)dasar.The studentsdimasukkan ke dalam kategori “They” karenathe studentsmerupakan kata benda berbentuk plural (lebih dari satu orang), maka dari itu diikuti oleh katakerja “come”.Everybody

4 )…….. work hard everyday. 
a. doesn’t  b. isn’t  c. don’t  d. aren’t
Jawaban:a
Penjelasan: Everybodydoesn’t workhard everyday. Memiliki arti “Setiap orang tidak bekerja keras setiap hari”.Everybodymerupakan subjek dimana membutuhkan kata kerja yang ditambakan dengan akhiran s/es.Everyberarti ‘setiap’ dan termasuk ke kategori singular. Jika noun sebagai subjek bersifat singular maka kata kerja diikuti akhiran es/s. Namun sekarang tergantung kembali pada jenis kalimatnya. Jika jenis kalimatnya merupakan kalimat negatif, maka pada kalimat ditambahkan kalimatdoes not(doesn’t) yang memiliki arti ‘tidak’. Does disini berfungsi sebagaikata kerja bantuyang disebut denganauxiliary verb, yang berarti tidak. Kata kerja utamanya adalah “work” Jadi kalimat di atas memiliki arti “Setiap orang tidak bekerja kerassetiap hari”

5.).……… to Temple every time?                
a. Does you go  b. Do you go  c. Are you go  d. Have you go
Jawaban:b
Penjelasan:Do youg o to Temple every time? Kalimat ini memiliki arti “Apakah kamu pergi ke Pura setiap saat?” Untuk bentuk pertanyaan yang memiliki subjekI, You, They, Wemenggunakan bentuk pertanyaan“Do” sedangan subjekShe, He, Itmenggunakan bentuk pertanyaan “Does” maka dari itu kalimat di atas tidak menggunakan pertanyaan ‘Doesyou’ karenadoesuntuk subjekShe, He, It. Jika dirubah akan menjadi ‘Does shego to Temple every time?’

6.)He doesn’t ………. that Mr. Buhima is our maths teacher.           
a. know  b. knows c.knew  d. known
Jawaban:a
Penjelasan: Diadoesn’t know that Mr. Buhima is our maths teacher. Kalimat ini memiliki arti “Mereka tidak tahu bahwa Mr. Buhima adalah guru Matematika kita”. Mengapa jawabannya adalah ‘know’. Jawabancsudah tidak mungkin karenaknewmerupakan kata kerja untuk ‘past tense’ dan jawaband. knownuntukpresent perfect tenseyang didahului oleh have/has dan bukanb.knowskarena untuk kalimat negatif dan pertanyaan, setelah does/doesn’t, do/don’t kembali diikuti oleh kata kerja dasar. Akhiran es/s hanya untuk kalimat positif.

7.)Rini and her sister always….. English conversation at home.           
a. are practicing  b. practiced 
c.practice   d. practices
Jawaban:c
Penjelasan:Rini and her sister alwayspracticeEnglish conversationat home. Kalimat ini memiliki arti “Rini dan adiknya selalu mempraktekkan percakapan bahasa Inggris di rumah”. Jawaban c merupakan jawaban yang paling tepat karena merupakan kata benda yang bersifat subjek berbentuk jamak, yaitu “Rini and her friend” jadiharus diikuti oleh kata kerja dasar.

8.)How often …… coffee?                      
  a. mother drinks   b. mother does drink c. did mother drink   d. does mother drink?
Jawaban:d
Penjelasan:How oftendoes motherdrink coffee? Kalimat ini memiliki arti“Seberapa sering Ibu minum kopi?” Pada jenis kalimat pertanyaan, selaludiawali “does” atau “do” dan diikuti oleh subjek. Tidak bisa kita mengatakan, “How often mother does drink coffee?” Kalimat tanya ini kurang tepat. Sama seperti contoh kalimat tanya ini, yang tepat “What are you doing?” bukan “What you aredoing?”.

9.)It …… a lot of money to buy that car.  a. cost   b. costed   c. costs    d. costes
Jawaban:c
Penjelasan:Itcostsa lot of money tobuy that car. Kalimat ini memiliki arti “Membutuhkan uang yang banyak untuk membeli mobil itu”. Sama seperti penjelasan di atas. Subjek dari kalimat ini adalah ‘It’. Jika subjek dimulai olehShe, HedanItmaka kata kerja (verb) ditambahkan akhiranes/s. Maka kata kerjanya menjadi‘costs’.

10.)My brother and my sister ………….. to work early in the morning.                  
a. drive  b. drives  c. driving  d. are driving
Jawaban:a
Penjelasan:My brother and my sisterdriveto work early in the morning. Kalimat inimemiliki arti “Saudara laki-laki dan perempuan saya pergi bekerja awal di pagi hari”. Jawabanamerupakan jawaban yang paling tepat karena merupakan kata benda yang bersifat subjek berbentuk jamak, yaitu “My brother and my sister” jadi diikuti oleh kata kerja dasar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TEXT PROCEDURE

Pengertian        Procedure Text , atau teks prosedur dalam Bahasa Indonesia, merupakan teks yang memberikan kita perintah atau ...