Kamis, 22 Februari 2018

Simple Past Tense

       Pengertian Simple Past Tense

Simple past tense adalah sebuah bentuk kalimat dalam bahasa Inggris yang digunakan untuk menjelaskan atau menggambarkan kejadian yang terjadi di masa lampau. Masa lampau disini dapat dikategorikan segala jenis waktu(Time signal) yang terjadi di masa lampau. Mulai dari kemarin, kemarin lusa, minggu lalu hingga keterangan waktu yang lebih detail, seperti dua menit yang lalu, sebulan yang lalu dan tahun lalu. Bahkan, kejadian yang terjadi beberapa detik dan menit yang lalu dapat dikategorikan sebagaisimple past tense. Semua jenis keterangan waktu ini dapat digunakan secara spesifik pada kalimat dengan bentuk simple past tense.

Rumus Simple Past Tense

Sama seperti bentuk tenses lainnya, simple past tense memiliki 3 bentuk kalimat. 3 bentuk kalimat tersebut adalah bentuk kalimat positif, negatif dan interogatif atau kalimat tanya. Berikut, rumus simple past tense untuk 3 bentuk kalimat tersebut.
*.Kalimat Positif
Subyek + Verb 2 (kata kerja past tense) + objek + Time signalSubyek + be past tense (was/were) + Noun/ adjective + Time signal
*.Kalimat Negatif
Subyek + did + not + bare infinitive + objek + Time signalSubyek + be past tense (was/were) + not + Noun/ adjective + Time signal
*.Kalimat Introgatif atau kalimat tanya Did + subyek + bare infinitive+ objek + Time signalBe past tense (was/were) + subyek + Noun/ adjective + Time signal

Bare infinitive disini adalah kata kerja atau verb bentuk dasar (verb 1), misalnya write, eat, run, see dan lainnya. Pada bentuk kalimat positif, verb 2 yang dimaksud adalah bentuk kedua dari bare infinitive atau bare infinitive ditambah dengan akhiran “ed”, “en”, “d”, “t”, atau “n”, tergantung jenis kata yang digunakan. Bentuk ini digunakanbila kata bare infinitive (V 1) yang digunakan tidak mempunyai bentuk ke-¬2 (V 2) atau bentuk verb past tense. Contoh: decide > decided.

       Fungsi Dari Simple Past Tense

Pada umumnya, fungsi simple past tense adalah untuk menggambarkan atau menjelaskan mengenai kejadian di masa lampau. Namun, fungsi ini dapat dibagi menjadi beberapa kategori yang lebih detail dan jelas. Berikut beberapa fungsi dari bentuk tense ini.
1.Simple past tense dapat digunakan untuk menjelaskan mengenai kejadian atau sesuatu yang terjadi di masa lampau pada durasi tertentu.
2. Untuk menggambarkan keterangan waktu dalam bentuk kalimat ini, biasanya menggunakan preposition “for”. “For” digunakan untuk menjelaskan lama waktu kejadian tersebut terjadi di masa lampau.
3.Simple past tense juga dapat dipakai untuk menjelaskan kebiasaan yang sering dilakukanpada masa lampau. Pada bentukini, digunakan subordinate conjunction yaitu “When”. Bentuk dari kalimat ini biasanya menjelaskan kebiasaan yang dilakukan dalam bentuk lampau, lalu keterangan yang menunjukkan masa saat melakukan kebiasaan tersebut menggunakan “when”.
4.Simple past tense digunakan untuk menjelaskan mengenai kejadian yang terjadi pada saat kejadian lain di masa lampau. Biasanya, kejadian yang menggunakan bentuk simple past tense ini terjadi dalam waktu yang cukup pendek, di dalam kejadian yang terjadi dalam waktu yang panjang di masa lampau. Jadi, kejadian ini hanyalah sebagian kecil dari kejadian masa lampau yang mempunyai rentang waktu yang panjang. Kejadian masa lampau dengan waktu yang lebih panjang ini biasanya menggunakan bentuk past continous tense. Misalnya, diantara waktu Anda melakukan kejadian A, ada kejadian B terjadi didalamnya yang selesai, sebelum kejadian A berakhir.
5.Simple past tense dapat pula digunakan untuk menjelaskan kejadian di masa lampau yang dilakukan setelah kejadian sebelumnya. Jadi, misalnya setelah Anda selesai melakukan A di masa lampau, Anda lalu melakukan B. B disini dijelaskan dengan menggunakan simple past tense.
6.Simple past tense juga dapat digunakan dalam bentuk conditional sentence type 2. Conditional sentence type 2 sendiri adalah bentuk kalimat pengandaian akan sesuatu yang sudah terjadi, dapat berubah bila ada kejadian tertentu di masa lalu yang mempengaruhinya. Misalnya, jika Anda melakukan Adi masa lalu, maka B akan terjadidi masa kini. Atau, Anda dapat melakukan B, jika Anda mempunyai A di masa lalu. Bentuk A ini yang menggunakan simple past tense

Contoh-contoh kalimat dalam Simple      Present Tense

*.Simple Past Tense Bentuk Dasar dan Menggunakan “For”
→I ate chesecake this morning(Saya makan kue keju tadi pagi)
→She went to my house, two weeks ago(Dia pergi ke rumahku, dua minggu yang lalu)
→I played this game for almost 4 hours(Saya bermain permainan ini selama hampir 4 jam)
→I went to your home yesterday(Saya pergi ke rumahmu kemarin)

*.Simple Past Tense untuk Menjelaskan Kebiasaan Di Masa Lampau dan Penggunaan “When”
◇When I was live in Surabaya, Ialways went to zoo every weeks(Ketika saya masih tinggal di Surabaya, saya selalu pergi ke kebun binatang setiap minggu)
◇I often ate lot of rice, when i lived in Indonesia(Saya sering makan nasi, saat saya tinggal di Indonesia)

*.Simple Past Tense untuk Menjelaskan Kejadian dalam Kejadian Di Masa Lampau
●I was sleeping when my neighbor’s car exploded last night
(Saya sedang tidur saat mobil tetanggaku meledak semalam)

*.Simple Past Tense untuk Menjelaskan Kejadian setelah Kejadian Di Masa Lampau
★I had already finished my homework when she came tomy house(saya sudah selesai mengerjakan PR-ku, saat dia datang ke rumahku)
★She had already went to school, when I came to her house(Dia sudah pergi ke sekolah, saat saya datang ke rumahnya)

*.Simple Past Tense dengan Conditional Sentence Type 2
▶If you worked hard, you will be successful(jika kamu bekerja keras, kamu pasti akan sukses)
▶I would buy a house, if i had more money(Saya akan membeli rumah, bila saya mempunyai banyak uang)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TEXT PROCEDURE

Pengertian        Procedure Text , atau teks prosedur dalam Bahasa Indonesia, merupakan teks yang memberikan kita perintah atau ...