Kamis, 01 Maret 2018

Recount Text

A. Pengertian Recount Text

Recount Text adalah salah satu dari jenis teks bahasa Inggris yang menceritakan kembali kejadian-kejadian atau pengalaman-pengalaman di masa lampau.
Tujuan dari Recount Text adalah untuk memberikan informasi atau untuk menghibur pembaca. Di dalam Recount Text tidak terdapat komplikasi (Complication) seperti halnya di Narrative Text.

B. Tujuan Komunikatif Teks Recount

Tujuan komunikatif Recount Text seperti penjelasan di atas adalah untuk melaporkan peristiwa, kejadian atau kegiatan dengan tujuan memberitakan atau menghibur tentunya tanpa ada konflik di dalam cerita tersebut.

C. Generic structure Teks Recount

1. Orientation
Orientation atau pengenalan yaitu memberikan informasi tentang siapa, di mana, dan kapan peristiwa atau kegiatan ituterjadi di masa lampau.
2. Events
Events merupakan rekaman peristiwa yang terjadi, yang biasanya disampaikan dalam urutan kronologis, seperti "In the first day, I ... . And in the next day... . And In the last day ..." . Di bagian Events ini juga biasanya terdapat komentar pribadi tentang peristiwa atau kejadian yang diceritakan.
3. Reorientation
Pada bagian Reorientation, terdapat pengulangan pengenalan yang ada di Orientation, pengulangan yang merangkum rentetan peristiwa, kejadian atau kegiatan yang diceritakan.

D. Ciri Kebahasaan Recount Text

Terdapat beberapa ciri-ciri kebahasaan yang mungkin akan teman-teman temukan ketika membaca sebuahRecount Text.
Ciri-ciri kebahasaan dari Recount Text      tersebut
¤Menggunakan Past Tense. Misalkan we went to zoo, I was happy, etc.¤Menggunakan Conjunction dan Time Connectivesuntuk mengurutkan peristiwa atau kejadian. Misalnya and, but, the, aftar that, etc.
¤Menggunakan Adverbs dan Adverbial Phrase untuk mengungkapkan tempat, waktu dan cara. Misalkan yesterday, at my house, slowly, etc.
¤Menggunakan Action Verbs. Misalkanwent, slept, run, brought, etc.

E.Contoh Recount Text

A Trip to Borobudur Temple

Three years ago, I and my classmates visited Borobudur Temple. We went to Borobudur temple by bus. We left our school at nine o’clock. It took us 24 hours to arrive there. I arrived there nine o’clock the next day. Along the road,we saw many vehicles, unique houses, prominent buildings, and some other tourists.

After we arrived at the Borobudur temple, one of my teachers went to buy tickets. After we waited him for a moment we entered into Borobudur temple area. Then we went up to the top of the temple. Borobudur temple was built at Budur Village, Magelang, Jawa Tengah by Syailendra Dynasty. Borobudur Temple is the biggest temple in the world. It has 504 statues and 1.400 reliefs. From thetop of the temple we can seesuch beautiful scenery. Iandmy friendswent around the temple together. Finally, after having some visits, we should go to the hotel to stay and continue our study tour the next day.

We felt tired that day but we felt so happy to visit Borobudur temple which is well-known as one of the greatest legacies Indonesia has ever had. I hope the temple can be loved by all of the visitors and the government.

Perjalanan ke Candi Borobudur

Tiga tahun yang lalu, saya dan teman-teman sekelas saya mengunjungi Candi Borobudur. Kami pergi ke Candi Borobudurnaikbus. Kami meninggalkan sekolah kami pada pukul sembilan. Kami butuh 24 jam untuk tiba di sana. Saya tiba di sana pukul Sembilan pada hari berikutnya. Sepanjang jalan, kami melihat banyak kendaraan, rumah unik, bangunan-bangunan penting, dan beberapa wisatawan lain.

Setelah kami tiba di Candi Borobudur, salah satu guru saya pergi untuk membeli tiket. Setelah kami menunggu dia sejenak kami masuk ke kawasan candi Borobudur. Kemudian kami naik ke puncak candi. Candi Borobudur dibangun didesaBudur, Magelang, Jawa Tengah oleh Dinasti Syailendra. Candi Borobudur adalah candi terbesar di dunia.Candi ini memiliki 504 patung dan 1.400 relief. Dari puncak candi kita bisamelihat pemandangan yang indah. Sayadan teman-teman berkeliling candi bersama. Akhirnya, setelah mengunjungi beberapa tempat, kita harus pergi ke hotel untuk menginap dan melanjutkan study tour kami hari berikutnya.

Kami merasa lelah hari itu tapi kami merasa sangat senang untuk mengunjungi Candi Borobudur yangterkenal sebagai salah satu warisan terbesar yang pernah dimilikiIndonesia. Saya berharap candi dapat dicintai oleh semua pengunjung danjugapemerintah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TEXT PROCEDURE

Pengertian        Procedure Text , atau teks prosedur dalam Bahasa Indonesia, merupakan teks yang memberikan kita perintah atau ...